Buku Hindu

Resensi Buku

 

Veda dan Injil Pengantar Editor
Tak lama lagi sebuah buku Veda dan Injil akan segera terbit. Mengapa buku ini ditulis sudah dijelaskan secara komprehensif oleh penulisnya sendiri. Yaitu untuk memberikan pencerahan kepada para pencari kebenaran, bukan untuk melukai perasaan siapapun atau suatu masyarakat. Untuk menjawab berbagai tuduhan atau misinformasi terhadap agama Hindu yang dengan sengaja dilakukan oleh kaum misionaris Kristen, dalam upayanya untuk mengkonversi orang-orang Hindu.

 

Hindu Agama Terbesar di Dunia
Hindu Agama Terbesar di Dunia 

Hindu Agama Terbesar di Dunia (Hinduism, the Greatest Religion in the World) XV + 191 hal
Oleh :
Stephen Knapp Yadnavalkya Dasa
David Frawley
Satguru Sivaya Subramuniyaswami
Klaus K. Klostermaier

Editor : Ngakan Made Madrasuta
Diterbitkan oleh : Media Hindu

 

Babad Kloping

Buku ini menguraikan tentang sejarah warga Kloping, yakni para keturunan Sri Nararya Kresna Kepakisan atau bisa disebut Arya Kepakisan. Kelompok ini sedang menghimpun diri di Bali. Buku dilengkapi dengan silsilah lengkap.
Oleh: K.M. Suhardana
Tebal buku: x + 108 halaman
Harga: Rp 12.500,-
 

 

 

 

Gayatri, Semedhi Maha Tinggi

Buku ini berisi uraian yang paling lengkap tentang keampuhan Mantram Gayatri, apalagi jika dipakai untuk melakukan samadi atau meditasi. Diterjemahkan oleh penulis buku-buku Hindu terkenal. Banyak buku yang mengulas Mantram Gayatri, tetapi buku inilah yang paling lengkap.
Karya: Sadguru Sant Keshavadas
Penerjemah: Agus S. Mantik
Tebal buku: x + 144 halaman
Harga: Rp 15.000,-

 

Perjalanan Jiwa: Dari Kematian sampai Kelahiran

Buku yang sangat unik. Ia menceritakan bagaimana perjalanan orang setelah kematian menuju sorga atau neraka. Ini bukan fiksi tetapi kisah nyata, karena yang diwawancarai adalah orang-orang yang mati suri dan dinyatakan tidak jadi meninggal dunia. Buku ini diberi ulasan menurut agama-agama lain selain Hindu.
Oleh: Ngakan Made Madrasuta
Tebal buku: viii + 217 halaman
Harga: Rp 24.000,-

 

Mendebat Bali

Isi buku tentang ulasan mengenai perjalanan budaya Bali sampai saat meledaknya bom di Legian, Kuta. Sangat menarik karena mengulas banyak sekali pernik-pernik budaya Bali dalam artikel pendek-pendek. Ulasan mencakup masalah adat, seni, budaya dan juga pariwisata.
Oleh: Putu Setia
Tebal buku: x + 346 halaman
Harga: Rp 35.000,-
 

 

 

 

Apakah Saya Orang Hindu?

Buku ini memberikan penjelasan tentang apa itu agama Hindu dengan cara populer melalui tanya jawab seorang anak kecil kepada ayahnya. Buku laris yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, dan edisi Indonesia sudah mengalami cetak ulang beberapa kali. INGAT: ada buku sejenis yang beredar dalam bahasa Indonesia tetapi tidak diterjemahkan oleh orang yang paham permasalahannya. Hati-hati membeli.
Judul asli: Am I A Hindu?
Karya: Ed. Visvanathan
Penerjemah: N. P. Putra dan Sang Ayu Putu Renny
Tebal buku: xii + 247 halaman
Harga: Rp 24.000,-

 

Ajaran Hindu Ttg Kepemimpinan dan Konsep Negara

Buku ini mengulas tentang teori kepemimpinan menurut Hindu dan menjawab pertanyaan apakah Hindu punya konsep bernegara? Ditulis oleh mantan politikus Hindu yang kini menekuni masalah agama.
Oleh: Oka Mahendra
Tebal buku: viii + 140 halaman
Harga: Rp 10.000,-
Penerbit:  Pustaka Manik Geni

 

Babad Pasek

Inilah buku Babad Pasek yang paling lengkap disertai silsilah warga Pasek yang sangat komplit. Karya monumental Jro Mangku Gde Ketut Soebandi yang kini telah tiada, ditulis ulang dengan bahasa yang populer oleh Wayan Supartha.
Oleh: Jro Mangku Gde Ketut Soebandi
Ditulis ulang oleh Wayan Supartha, SH.
Tebal buku: xvi + 368 halaman
Harga: Rp 32.000,-
 

 

 

 

Tafsir Ilmiah Ajaran Veda

Titik Temu Iptek dan Agama Hindu: Tafsir Ilmiah Ajaran Veda
Ulasan buku ini sangat menarik karena membedah isi Veda yang dikaitkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penulis buku ini adalah staf pengajar IKIP Singaraja dan dikenal sebagai cendekiawan Hindu yang kritis
Oleh: I Wayan Suja
Tebal buku: xii + 168 halaman
Harga: Rp 10.000,-
 

 

Purana “Sumber Ajaran Hindu Komprehensip”
purana.jpg (16283 bytes)Purana merupakan buku susastra Veda atau susastra Hindu yang mesti dipahami oleh setiap umat Hindu, khususnya para mahasiswa atau yang menekunkan dirinya kepada studi yang mendalam terhadap susastra Hindu. Buku ini pada mulanya dimaksudkan sebagai bahan ajar di Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri, dengan bobot 6 SKS (Satuan Kredit Semester), namun karena isinya dipandang sebagai sumber ajaran Hindu yang komprehensip, maka pihak Direktorat Jenderal Bimas Hindu dan Budha memandang sangat baik disebarluaskan kepada seluruh umat Hindu di Indonesia, utamanya para mahasiswa, dosen dan peneliti agama Hindu, mengingat kandungan isi dari buku ini demikian sangat bermanfaat. 

 

 

Kasta dalam Hindu Kesalahpahaman Berabad-Abad
Kasta.jpg (8536 bytes)Kasta, sebuah kata yang sering terdengar. Mudah diucapkan, tetapi sungguh sulit untuk dijelaskan.Pengertian dijelaskan disini adalah dalam kaitannya dengan Agama Hindu. Umumnya orang-orang non Hindu menyebutkan bahwa kasta itu ada dalam Hindu, karena meeka melihat praktek kasta hanya ada dalam masyarakat yang beragama Hindu. Sementara itu sebagian uamt Hindu sendiri, yang karena pendidikannya masih rendah  dan belum banyaknya membaca ajaran-ajaran Hindu yang tertulis, bingung menjabarkan kasta ini. 

 

 

Kidung Yadnya
buku04k.jpg (8536 bytes)Buku ini diterbitkan untuk memenuhi tuntutan umat Hindu, khususnya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, dalam mewujudkan karma punianya, terutama pelaksanaan aktivitas pesantian yaitu kegiatan menyanyikan lagu-lagu keagamaan. 

 

 

Kesatuan Seminar Tafsir Aspek Agama Hindu
buku01k.jpg (9886 bytes)
Buku ini merupakan himpunan dari keputusan seminar kesatuan tafsir terhadap aspek-aspek agama Hindu yang diterbitkan dan diedarkan oleh Suka Duka Hindu Dharma DKI Jakarta (1996). Himpunan Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir ini merupakan   hasil Mahasabha VI Parisada Hindu Dharma Indonesia, dan Serasehan-serasehan yang diadakan oleh Umat Hindu. 

 

 

10 Tokoh Pembaharu dan Pemikir Hindu
buku01k.jpg (9886 bytes)
10 Tokoh Pembaru dan Pemikir Hindu patut anda baca, buku yang diterjemahkan oleh Ngakan Made Madrasuta dan Sang Ayu Putu Renny sangat menarik untuk anda Simak. Dapatkan Buku-bukunya sebelum kehabisan.
Hindu Dharma: Pandangan Hidup Hindu
buku01k.jpg (9886 bytes) Buku ini adalah kumpulan karangan dari penulis India terkenal, Prof S. Radhakrishnan. Walaupun rangkaian ini sudah ditulis cukup lama, tetapi pesan yang disampaikannya masih saja tetap baru dan memberikan ilham kepada kita semua. Bahkan Hindu The View of Life (judul edisi Inggris yang diterbitkan George Allen and Unwin Ltd.) yang ditulis oleh S. Radhakrishnan